mya



Free Widgets

Sabtu, 25 September 2010

Merawat Rantai Roda Sepeda Motor

Merawat Rantai Roda Sepeda Motor
Just sharing pengalaman aja niy, bbrp waktu yll baby ninja ane tiap kali narik gas selalu aja ada bunyi ctek-ctek seperti ada logam yang berbenturan, kejadian ini tdk saja terjadi saat narik gas, tapi pada saat si baby ngerem dan beranjak lagi narik gas lagi selalu saja bunyi itu timbul, dilongok kekanan dilongok ke kiri kayaknya nggak ada yg mentok deh, coba dilumasi rantenya dengan oli teuteup aja bunyinya nggak mau hilang. Ternyata setelah selidik punya selidik rante si baby itu kotor, akhirnya pada hari minggu yang ceria ane bela-belain deh melepas tuh rante. Step-stepnya sebagai berikut:
1.Buka sambungan rante (ini untuk motor dg type rante yang ada sambungannya, tidak berlaku untuk rante orinya si tiger2000)
2.Buka cover gear depan (si baby ninja) cuma perlu buka pake obeng kembang.
3.Lepas rantai
4.Cuci rantai menggunakan minyak tanah atau bensin (untuk tiger2000 jangan coba2 membersihkannya dengan minyak tanah atau bensin krn rantai tiger itu ada seal yg terbuat dari karet shg jika dicuci menggunakan minyak tanah nantinya akan melar dan merusak rantai, kalo punya motor tiger sebaiknya cuci dengan sabun cuci)
5.Setelah dicuci menggunakan minyak tanah atau bensin atau sabun cuci kemudian keringkan atau angin-anginkan rantai tersebut sampai kering.
6.Pasang kembali rantainya tak lupa berikan sedikit oli atau bisa juga dengan chain lube agar si rantai mendapat pelumasan yang baik.
7.Jalankan rantai sekitar 5 menitan lah sekalian buat jalan-jalan agar pelumasan merata ke seluruh bagian rantai.
8.Selesai dah, bunyi ctek2 hilang, hatipun senang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

you can comments anything, but dont write pornographic, public victimization, violence, bad provocateur