mya



Free Widgets

Jumat, 23 Januari 2009

makalah laporan training di grand hyatt jakarta

 

PRAKTEK KERJA DI GRAND CAFÉ HYATT JAKARTA

PERIODE JULI 2008 – JANUARI 2009

 

Makalah

Diajukan Untuk Melengkapi Tugas Dan Memenuhi syarat Mencapai Gelar Diploma

Perhotelan Jenjang Pendidikan D1 Program Studi Perhotelan & Kapal Pesiar

PROGRAM PERHOTELAN & KAPAL PESIAR WISAKTI EDUCATION & TRAINING INSTITUTE

 

 

 

 

 

Diajukan Oleh :

 

M. Yusuf Arifin

 

Nim : 2007 / 8 / W / II / 00231

 

PROGRAM PERHOTELAN & KAPAL PESIAR

WISAKTI EDUCATION & TRAINING INSTITUTE

 

JAKARTA

2009

 


Vertical Scroll: PERSEMBAHAN  Tugas akhir ini saya persembahkan kepada keluarga penulis, orang – orang yang membantu secara materi maupun non materi, Lembaga Akademi Wisakti dan pihak Grand Hyatt Jakarta serta tidak lupa kepada Grand Café Hyatt Jakarta khususnya.

PENGESAHAN

 


NAMA                                    : M. YUSUF ARIFIN

NIM                             : 2007 / 8 / W / II / 00231

PROGRAM STUDI  : PROGRAM PERHOTELAN & KAPAL PESIAR

JUDUL MAKALAH  : PRAKTEK KERJA DI GRAND CAFÉ HYATT JAKARTA  PERIODE JULI 2008 – JANUARI 2009

 

Jakarta,      Januari 2009

 

Mengetahui,                                                                                               Menyetujui,

 

 Ketua Program Studi                                                                             Manager Grand Café

 

 

(                                        )                                                                         (                                      )

 

 

Disahkan,

 

HRD Management Hyatt Jakarta

 

 

 

(                                  )


KATA PENGANTAR

 

 

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan jalan dan kemudahannya dalam pembuatan Laporan Praktek Kerja Di Grand Café Hyatt Jakarta, sehingga penulis dapat menyelesaikan dengan tepat pada waktunya yang berjudul “Praktek Kerja Di Grand Café Hyatt Jakarta” Selama Bulan Juli 2008 – Januari 2009. penulisan makalah ini bertujuan sebagai syarat mencapai gelar Diploma 1 Perhotelan.

Penulis meyadari akan kekurangan dan keterbatasan kemampuan dalam hal pembuatan makalah ini dengan sempurna, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang dapat memberikan masukan – masukan berguna sebagai wujud menutupi kekurangan dalam pembuatan makalah ini. penulis berharap dalam makalah ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan. dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada yang terhormat :

1. Keluarga pribadi penulis yang saya cintai dan hormati kepada ibu Tukirah ( my Mom ) dan bapak Mardi ( my Dad / almarhum ) sebagai orang tua, pendidik, motivator, spritual dan secara material, serta mendidik selama ini. adik ( Arif ) yang tidak kalahnya memberikan semangat dan motivasi bagi kakak mu ( Arifin ).

2. Keluarga ibu Rini Rahyanto dan bapak G. Rahyanto yang telah membantu penulis dapat sekolah hingga Diploma 1 dan Sarjana ( S1 ). Tidak lupa untuk Mbak Kiki dan Kak Iwan yang telah memberikan nasehat – nasehatnya.

3. Bapak Hadi Juwono, sebagai Manajer Grand Café Hyatt Jakarta yang telah memberikan bimbingan kepada Penulis dari awal hingga berakhir masa training.

4. Bapak Nasep Gunawan dan Bapak Agus Suprianto yang keduanya sebagai Asisten Manajer Grand Café Hyatt Jakarta yang telah memberikan bimbingan dan masukannya.

5. Bapak  dan Ibu bagian HRD Training yang telah memberikan kesempatan untuk training di Grand Hyatt ini.

6. Pihak Akademi yang telah memberikan dasar ilmu pengetahuannya di bidang Perhotelan.

7. Kepada seluruh karyawan Grand Café Hyatt Jakarta yaitu Bpk. Indra Kiki (SPV), Bpk. Asrul Akman (SPV), Bpk. Moh. Noor (SPV), Bpk. Adrian (SPV), Bpk. Rinda Sugrinda (SPV), Bpk. Bubun (Captain), Bpk. Abdul Choir (Captain), Bpk. Suyitno (Captain), Ibu Eugenie LG (Captain), Ibu Ana (Captain), dan para Staff Grand Café : Bu Eva, Bu Novie, Bu Erni, Bu Melawati, Bu Anita, Bu Laila, Bu Merlin, pak Damper, Pak Setyo, Pak Bayu, Pak Hariyadi, Pak Nurhadi, Pak Sudaryo, Pak Sugiyatno, Pak Agus. S, Pak Yoppie, Pak Sutrisno, Pak Indra, Pak Ruslan, pak Cherry, Bu Mimbar, Bu Nurhasanah, Bu Yanti, Bu Suprihatin, Bu Tina, Pak Wien, Pak Cecep, Bu Juddy.

8. Kepada teman – teman training kau selalu kan ku kenang, Pandu, Shogi, Juli, Gladis, Linda, Ridho, Rajiev, Revel, Susena, Jabong, Rendy, pak yuda juga dan lain – lain. Maaf tidak bisa di sebut semuanya. Thanks guys……….

Akhir kata penulis mengucapkan banyak terima kasih.

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

1.1 Latar Belakang

 

Bisnis perhotelan di Indonesia menunjukkan kemajuan pesat, terbukti dengan semakin meningkatnya jumlah hotel dan juga jumlah kamarnya. Hal ini tidak mengherankan mengingat kebutuhan akan hotel juga semakin meningkat. Bukti lain perkembangan dunia perhotelan dan pariwisata adalah semakin menjamurnya sekolah pariwisata dan perhotelan, baik di kota besar maupun di daerah.

Sebelum melakukan reservasi hotel, para pebisnis yang berkunjung ke ibukota Jakarta dalam rangka dinas, sudah barang tentu akan memilih penginapan dengan pelbagai kemudahan. Ini biasanya berada di sentra bisnis daerah pusat atau di sekitar jalan – jalan protokol Jakarta. Tujuannya agar mudah menuju lokasi pertemuan bisnis sekaligus bisa menikmati pelbagai hiburan mulai dari jajanan tradisional pinggir jalan yang khas, aneka restoran, mal pusat belanja hingga ke tempat hiburan malam boleh jadi bisa di tempuh hanya dengan berjalan kaki. Salah satu daya tarik di jalan protokol ibukota ialah patung “Selamat Datang” yang di hias dengan air mancur atau lebih di kenal dengan istilah “Bundaran HI”. Di daerah ini banyak berjajar hotel berbintang kelas internasional seperti Grand Hyatt Jakarta. Tak heran jika daerah ini menjadi bidikan para wisatawan, baik domestik maupun asing.

Suatu kebanggaan dan kesenangan yang tinggi penulis dapat bergabung di sebuah hotel yang megah di Grand Hyatt Jakarta ini. Perusahaan yang memberikan suatu perhatian yang besar kepada semua para karyawan yang bekerja di hotel ini.

Sebagai wujud partisipasi dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan bertaraf internasional, maka Akademi Wisakti Jakarta menyelenggarakan training di hotel berbintang lima yang di laksanakan selama 6 bulan.

Pada kesempatan ini Penulis memilih di Hotel Grand Hyatt Jakarta dan di tempatkan di Food and Beverage Service Grand Café Restaurant  sesuai jurusan yang di pilih penulis.

1.2  Maksud dan Tujuan Penulis

                        Penulis melakukan Praktek Kerja Lapangan ini dikarenakan ada beberapa maksud dan tujuan yang ingin di capai, yaitu :

1.         Dapat mengetahui perbandingan antara praktek kerja di lapangan dengan teori yang di dapat di bangku perkuliahan.

2.         Sebagai acuan dasar untuk meningkatkan kemampuan dalam dunia kerja yang nyata.

3.         Menerapkan sebagian ilmu yang telah di dapat di perkuliahan pada praktek kerja nyata.

4.         Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan tugas akhir penulis untuk program Diploma ( D1 ) di Wisakti.

1.3    Manfaat Praktek Kerja

Berdasarkan uraian pada maksud dan tujuan penulis, di harapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak – pihak yang membutuhkan pada penulisan praktek kerja ini, yaitu antara lain :

1.         Bagi Pihak Perusahaan ( Grand Hyatt Jakarta )

a)        Memberikan sedikit gambaran mengenai kegiatan yang di lakukan trainee selama 6 bulan masa training.

b)        Pihak Grand Hyatt Jakarta dapat melakukan perekrutan karyawan baru, mencari Sumber Daya Manusia yang berkualitas dengan cara merekrut dari Siswa / Mahasiswa yang training di Grand Hyatt.

 

2.         Bagi Pihak Penulis

a)     Memperluas wawasan dan pengetahuan bagi penulis sendiri mengenai apa yang telah di praktekkan selama training 6 bulan tersebut.

b)     Sebagai pembelajaran dalam mengimplementsikan teori yang telah di dapatkan di bangku perkuliahan dengan membandingkan praktek kerja di lapangan.

3.      Bagi Pihak Lain

a)    Bagi Siswa / Mahasiswa yang ingin mengetahui atau mengembangkan praktek kerja pada Grand Hyatt Jakarta.

b)    Bagi masyarakat umum yang tertarik untuk mengetahui perkembangan dan pelayanan serta system kerja di Grand Hyatt Jakarta khususnya di Grand Café.

1.4    Lokasi Dan Periode Pelatihan Kerja

Penulis melakukan masa pelatihan kerja selama 6 bulan terhitung mulai tanggal 3 Juli 2008 sampai dengan 3 Januari 2009 di hotel Grand Hyatt Jakarta yang berlokasi di jalan MH. Thamrin Kav. 28 – 30 PO BOX 4546/ JKT 1004, JKT 10230 Indonesia. Penulis melakukan praktek kerja di salah satu outlet / restoran di hotel Grand Hyatt Jakarta yaitu di Grand Café.

1.5    Sistematika Penulisan

Sebagai gambaran umum, penulis menyajikan sistematika penulisan ke dalam 5 bab. Hal ini di maksudkan agar pembahasan dapat dilakukan secara sistematis sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih jelas dan mudah di pahami oleh para pembaca makalah ini.

Adapun pembahasan dan penulisan makalah ini secara garis besar terdiri dari 5 bab, yaitu :

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini mengenai latar belakamg penulis tentang perhotelan, maksud dan tujuan penulis, manfaat praktek kerja, lokasi dan periode pelatihan kerja, sistematika penulisan.

BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

Pada bab ini menggambarkan mengenai sejarah berdirinya Grand Hyatt, tugas dan job description karyawan, struktur organisasi, fasilitas – fasilitas yang ada di Grand Hyatt Jakarta.

BAB III LANDASAN TEORI

Dalam bab ini untuk mendukung pembahasan makalah ini akan menjelaskan mengenai pengertian restoran, jenis – jenis restoran, macam – macam pelayanan, menu.

BAB IV KEGIATAN PRAKTEK KERJA

Dalam bab ini penulis menguraikan beberapa kegiatan pada saat melakukan praktek kerja di hotel grand hyatt Jakarta khususnya di Grand Café.

BAB V PENUTUP

Pada bab terakhir ini penulis akan memberikan kesimpulan dan saran dalam kegiatan praktek kerja di Grand Café Hyatt Jakarta.

 

 


BAB II

GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

 

2.1  Sejarah Berdirinya Hyatt International

Tahun 1987 adalah awal dari berdirinya Hyatt Internasional yang pada selanjutnya selalu melangkah maju pesat dan kreatif. Perusahaan ini di pegang oleh seorang pengusaha yang berkebangsaan Amerika Mr. Jay Pritzker. Pada awalnya dia membeli sebuah Hyatt House dari seorang pengusaha yang bernama Mr. Hyatt Vandehn. Pada tahun 1967 Mr. Jay Pritzker membangun hotel megah yang bernama hotel Hyatt Regency Atlanta. Keistimewaan dari Hyatt Regency Atlanta adalah terletak pada atrium lobby yang bertingkat 20 lantai dan yang sangat menakjubkan dan menggemparkan dunia perhotelan pada saat itu serta membuka lembaran baru dalam dunia arsitektur bangunan pada masa itu.

Pada tahun 1969 Hyatt mulai melakukan ekspansi usahanya ke Asia Pasifik. Seiring dengan bukanya Hyatt Regency Hongkong, pada saat itu Hyatt dibagi menjadi dua :

1)Hyatt Hotels cooperation Yaitu pihak manajemen yang mengelola semua hotel-hotel Hyatt yang berada di kawasan Amerika,Canada dan Karibia, dan dipimpin oleh Mr. Scott Miller.

2)Hyatt International Cooperation
Yaltu management yang mengelola hotel-hotel Hyatt yang berada diluar ketiga kawasan diatas dipimpin oleh Mr. Bernd Chorengel.

2.2 Sejarah Grand Hyatt Jakarta

Grand Hyatt Jakarta adalah sebuah hotel bintang lima berlian yang berdiri megah menghadap patung selamat datang, di jantung kawasan bisnis sentral Jakarta. Hotel tersebut terhubung dengan pusat perbelanjaan Plaza Indonesia. Sejak di buka pada bulan Juli 1991, hotel bintang 5 berlian ini berhasil mempertahankan posisinya sebagai yang terdepan di industri perhotelan dan berturut – turut mencatat rekor pendapatan perkamar (yield) tertinggi di antara hotel – hotel bintang 5 di Jakarta.

Grand hyatt Jakarta dimiliki oleh PT. Plaza Indonesia Realty sebagai pemegang saham perusahaan dan di kelola oleh Hyatt International. Lambang dari Hyatt adalah matahari yang berwarna keemasan yang melambangkan bahwa semua Hyatt di dunia melayani semua tamu – tamunya dari matahari terbit sampai terbenam.

Bangunan hotel Grand Hyatt Jakarta di desain dengan gaya Eropa dan menjadi tampak lebih ekslusif, mewah dan tampak lebih megah. Hemut – Obata dan Kassebaum adalah arsitek professional yang membangun hotel Grand Hyatt Jakarta. Sedangkan interior yang mengagumkan di kerjakan oleh Hirsch Bender dan associates.

Semua tamu yang menginap di Hotel Grand Hyatt Jakarta selalu dilayani dengan baik dan fasilitas yang memuaskan dan bagi setiap pelanggan atau tamu yang sering menginap di hotel Grand Hyatt Jakarta mendapatkan perhatian lebih dan khusus.
Tamu Grand Hyatt Jakarta akan mendapatkan pelayanan yang professional,pelayanan yang individu, dan Hotel Grand Hyatt Jakarta memiliki slogan yaitu Hyatt Touch atau sentuhan dari Grand Hyatt Jakarta artinya sentuhan atau perhatian khusus dari semua karyawan hotel Grand Hyatt Jakarta.

Grand Hyatt di Indonesia sudah memiliki 7 hotel, yaitu antara lain :

Established

Grand Opening

Quantity Of Rooms

Bali Hyatt

14 November 1973

390

Hotel Arya Duta Jakarta*

01 Januari 1976

325

Hyatt Regency Surabaya

30 Mei 1979

500

Grand Hyatt Bali

05 Mei 1991

750

Grand Hyatt Jakarta

23 Juli 1991

428

Hyatt Regency Bandung

08 Agustus 1997

225

Hyatt Regency Yogyakarta

17 Oktober 1997

269

* Hotel Arya Duta Jakarta sudah tidak satu manajemen dengan Hyatt

2.3   Fasilitas Dan Sarana Grand Hyatt Jakarta

Hotel Grand Hyatt Jakarta yang bertaraf International berbintang lima dengan berlian memiliki banyak fasilitas yang menunjang dan dapat menambah pendapatan hotel dan juga dapat memenuhi segala kebutuhan tamu selain pelayanan dalam bidang jasa yang diberikan karyawan. Sarana dan fasilitas yang terdapat di Hotel Grand Hyatt Jakarta. Hotel Grand Hyatt Jakarta memiliki operasional sebanyak 428 kamar yang terbagi atas :
• 290 Grand King dengan 95 no smoking
• 83 Regency King dengan 52 no smoking
• 13 Regency Twins
• 18 Executive Suites
• 15 New Apartment
• 2 Grand Suites
• 2 Penthouse Suite with terrace
Ada beberapa restoran dan bar di hotel Grand Hyatt Jakarta, yaitu antara lain :

• Grand Café
Restoran ini terdapat di lantai tiga atau lobi hotel Restoran bergaya Eropa dengan kapasitas tempat duduk untuk 214 buah bangku dengan penyajian makanan dengan cara prasmanan, Untuk makan pagi dari pukul 06:00 sampai pukul 11:30, makan siang dari pukul 12:00 sampai pukul 17:30, dan untuk makan malam dari pukul 18:30 sampai pukul 11:00. Grand Café memiliki lima buah station yaitu Salad Bar Counter, Hot Food Counter, Dessert Counter, Ice Cream & Waffle Counter Dan Daily Special Counter atau dapat di sebut juga dengan konter untuk makanan istimewa setiap harinya.Grand Café juga mempunyai acara khusus yaitu acara promosi makanan yang diadakan pada setiap bulan Maret, April, Mei, dan bulan Juni.


• Fountain Lounge
Restoran yang bergaya santai menggunakan cara penyajian continental breakfast, makanan kecil sepanjang hari juga tersedia prasmanan. Restoran ini menyajikan lagu –lagu klasik yang dimainkan secara langsung dan dengan pemandangan yang sangat indah karena dapat menikmati pemandangan kesibukan daerah bisnis di kota Jakarta dan akan lebih indah lagi kalau kita menikmatinya di malam hari dengan terlihat keindahan lampu-lampu kota yang berwarna-warni menghiasi kota Jakarta. Kapasitas yang terdapat pada restoran ini adalah 132 buah tempat duduk, jam buka dari pukul 08:00 sampai pukul 01:00 malam. Di Fountain Lounge tersedia 20 macam spesial teh, 10 macam special kopi dan pada bulan Mei selalu diadakan promosi vinnese pastry.
• Seafood Terrace
Restoran ini bergaya Bali yang letaknya di samping kolam renang lantai lima dari hotel Grand Hyatt Jakarta. Restoran ini memiliki dua tempat, di dalam ruangan dan yang berada di luar ruangan. Kapasitas restoran Seafood Terrace ini adalah 92 buah tempat duduk dan terbuka untuk umum pada hari Sabtu dan Minggu, Jam buka dari Seafood Terrace Restoran adalah dari pukul 12:00 sampai 23:00 WIB.
Sumire Restoran
Restoran ini bergaya Jepang dengan tata ruang dan makanan berciri khas Jepang. Kapasitas tempat duduk 143 buah. Sumire restoran memiliki 4 buah ruangan Tatami yang diambil dari nama-nama bunga di Jepang. Empat ruangan tersebut adalah : Sakura, Ayame, Yuri dan Kiku yang trap-trap ruanganya menampung 8 orang tamu.
• Lamoda
Restoran ini terletak di atrium Plaza Indonesia dibawah naungan F&B department hotel Grand Hyatt Jakarta. Dengan hiburan live Musik, dan hidangan makanan kecil yang disediakan di tempat yang nyaman.
• Grand club
Fasilitas yang digunakan oleh tamu yang menginap dikamar yang suite yang terletak di lantai 18 – 26.
• Club Olympus
Club Olympus adalah fasilitas kebugaran yang lengkap dan serba canggih . semua fasilitas itu disedikan hanya untuk tamu Hotel Grand Haytt Jakarta yang terletak di lantai 5

·   Burgundy

Yaitu suatu fasilitas hotel sekedar minum dan makanan ringan  dengan mendengarkan musik DJ, terletak di atas Fountain Lounge.

Fasilitas – fasilitas lain yang dapat digunakan oleh tamu adalah :
A. Bisnis Center
Bisnis center adalah fasilitas yang dapat digunakan oleh tamu yang mempunyai kegiatan bisnis dan kagiatan lainnya yang berhubungan dengan peralatan seperti ruangan untuk pertemuan kecil , komputer yang dilengkapi dengan jaringan internet, faxes, documentation, dan secretarial service.
B. Room Service
Room service adalah pelayanan 24 jam yang menyajikan hidangan tamu kedalam kamar, berdasarkan door knob menu atau telepon.
C. Banquet Service / Fuction Room

Yaitu suatu fasilitas yang digunakan sebagai ruang meeting atau rapat, pesta pernikahan, seminar, dan lain sebagainya. Ruangan Banquet terbagi menjadi Grand Ball Room ( bisa menampung kurang lebih 1500 orang ) , Rinjani Room, Bromo Room, Krakatau Room, Merapi Room, Agung Room, Arjuna Room.

Fasilitas lainnya yang ada di Grand Hyatt Jakarta :
1. Valet Parking dan Car Park
2. Taxi dan Limousine Service
3. 24 Jam Laundry Dan Dry Cleaning
4. Drug Storetrave Agent
5. Galeri Grand Hyatt
6. Baby Sitter
7. Flower Shop
8. Clinic
9. Daily Newspaper
10. Money Changer
11. Catering And Convention Facilities

12. Beauty And Hairdressing Salon

13. High Speed Internet And Wireless Access

14. 24 Hour Room Service

15. Coffe And Tea Making Facilities

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.4 Struktur Organisasi

GAMBAR STRUKTUR ORGANISASI GRAND CAFÉ HYATT JAKARTA

 

 



                             Berikut ini akan dijelaskan tugas dan tanggung jawab secara umum pada setiap unsur dari struktur organisasi Grand Café Hyatt Jakarta  :

1)     Manager

Scope and general purpose of job :

a.      To prepare, in conjuction with the EAM ( Executive Assistant Manager ) Food & Beverage, an annual operation budget which will form part of the business plan.

b.      To manage the outlet as an individual profit centre, to assume responsibility for revenues and expenses.

c.      To maximize profitability of the restaurant by increating turn over ( revenue and covers ) as a first priority and controlling costs as a second priority.

d.      To strictly adhere to the established operating budget and ensure that all costs are controlled.

2)     Assistant Manager

Scope and general purpose of job :

                        To assist the outlet manager in planning, organizing, and directing the overall outlet operation as a succesfull independent profit centre, ensuring maximum guest satisfaction consistent with with Grand Hyatt Jakarta.

3)     Supervisor / Team Leader

Scope and general purpose of job :

                        To assist the outlet  manager in supervising and over seeing the servise personal and overall operation of the outlet, as well as taking full respobility for the correct supervision of the assigned station ensuring maximum guest satisfaction consistent with Grand Hyatt Jakarta standards.

4)     Receptionist

Scope and general purpose of job :

                        To handle all table reservations effectively so as to control the flow of guests, providing a warm and friendly welcome, leading guests and seating them at their assigned table, as well as to answer the telephone and render hotel related information upon request.

5)     Bar Captain

Scope and general purpose of job :

To supervise the assigned bar in beverage service and production in order to maximize guests satisfaction consistent with Grand Hyatt Jakarta standards

6)     Waiter Captain

Scope and general purpose of job :

To supervise the assigned waiter and to assists waiter duty, as like as to serve food and beverage to guests, to handle and received paying customers.

7)     Waiter / ess

Scope and general purpose of job :

Primary duty is to serve food and beverage to guests while providing a friendly and efficient service ensuring maximum guests satisfaction in line with the Grand Hyatt Jakarta standards.

8)     Bar Attendant

Scope and general purpose of job :

To prepare and serve beverages to guests and perform cashiering functions in a friendly manner in order to maximize guests satisfaction in line with Grand Hyatt Jakarta standards.

 

2.5 Service Sequence Standards Grand Café ( Lunch – Dinner )

a)     Task by Receptionist

1)     Preparation

Ø     Well grooming

Ø     Stand straight, smile, eye contact

2)     Greet the guest at restaurant entrance

Ø     Approach friendly manner

Ø     Mention the guest name if you know

Ø     Says :  - good afternoon / evening, sir / madam

-          how may help you?

3)     If the guest ask table

Ø     If they come 4 persons, say : table for four, sir / madam?

Ø     If you are not sure the number of people, says : certainly for how many persons, sir / madam?

4)     Ask for reservation

Ø     Ask politely, keep smiling

Ø     Say : do you have any reservation?

Ø     If the guest say no, say :it does not matter

Ø     If the guest say yes, ask : under which name, sir / madam?

5)     Ask for smoking or no smoking section

Ø     Would you prefer smoking or no smoking section?

6)     Escort the guest

Ø     Collect the menu bring on your right hand

Ø     Says :this way please ( appoint with your hand )

Ø     Lead the guest, walk not too far, 5o cm distance in front of the guest

7)     Make small conversation while escorting the guest

Ø     Praise about his tea or her dress

Ø     Recommend our buffet

Ø     Says : by the way, this is our international buffet, we have US roast beef, sushi – sashimi, peking duck, Caesar salad, pasta and our special dessert tiramisu as wekk as assorted ice cream

8)     Seat the guest

Ø     Keep smile, ask the guest : is this table suitable for you sir / madam?

Ø     If yes, pull out the chair and if more than one guest, captain or waiter assist them by pulling the chairs.

9)     Receptionist offer buffet / a la carte menu

Would you like to try our buffet ? if they say no and ask for the menu, say : certainly. This is your menu ( show the menu, open faced )

10)  Unfold the napkin

Ø     unfold into triangle shape

Ø     place napkin on the guest lap. From the right side, ladies first.

11)  Receptionist leave the table

Ø     keep smiling, says : our captain / waiter will serve you in a moment and enjoy your dinner.

 

b)     Task by captain / waiter

1)     Greet the guest

ü      Smile, walk straight approach the guest table

ü      Says : good afternoon / evening, sir / madam.

2)    Up selling beverages / special punch of the day

ü      May I recommend you our special fresh fruit punch today sir / madam, it’s called palm spring consist of orange juice, pineapple and mango juice. It’s fresh and very nice and no alcohol. Would you like to try?

3)    Serve butter and bread

Take bread from the kitchen and butter from the service station freezer ( do not put bread before placing butter or serve them together ). Place the bread at the center table, put butter on the top of B & B plate.

4)    Serve beverage

From the right side, ladies first. Mention the beverages item.

5)    If the guest taking buffet lunch or dinner

ü      When the guest returns from buffet, captain or waiter assist them in seating by pulling chairs.

ü      Captain precheck

ü      Offering help when you see the guests bring more than one plate / bowl.

ü      Clear up the empty plate, bowl right away, say : excuse me, may I take your plate?

ü      Adjust the cutleries

ü      Note : captain must allocate 3 minutes observing all guest table, keep an eye all the waiter / ess within in his / her station.

6)    If the guest decides to order from the menu

G           Captain take the order

C       Captain stand on the right side of the guest, clock wise, ladies first.

C       Says : may I take your order madam / sir?

C       Captain write the order clearly and completely on the captain order.

C       Repeat the order after took the order or while taking the order.

C       Captain precheck the order immediately.

C       1st and 2nd page to be passed to waiter for food runner, 3rd pass to be put in the pigeon hole.

G           Waiter adjust the cutleries

        Collect the cutleries from service station, walk straight to the table and adjust the cutleries accordingly.

C      Food runner bring the appetizer on the big rectangular tray with food cover bring together with condiments from the kitchen to service station.

C      Food runner remove the food cover at service station before serving to guest.

G           Service of the appetizer

C      Waiter check the captain order on which dish goes to which guest.

C      Waiter bring the appetizer by hand, hold the edge of plate carefully.

C      Waiter approach the table and serve the appetizer from the right side.

C      Ladies first says :excuse me, your Caesar salad ( mentioned the guest order ) ( do not ask who’s having what to the guest ).

C      Waiter inform food runner when guest are just about to finish the meal to bring their following meal.

C      Waiter clear up the plate, ladies first, clock wise from the right side.

C      Carry to station, stack nicely.

G       Service of the soup

C      Food runner bring the soup from kitchen to service station with the copy of the captain order.

C      Waiter check the captain order

C      Waiter place the soup on service tray.

C      Waiter approach the table and serve the soup, from the right side and ladies first, says : excuse me, your crab bisque soup madam.

C      Waiter inform to food runner when the guest are just about to finish the soup to bring their following meal.

C      Waiter clear up the bowl, ladies first from the right side, clock wise. Says : excuse me, may I take your bowl?

C      Carry to station, stack nicely.

G       Service of the main course

C      Food runner bring the main course from kitchen to service station.

C      Waiter check the captain order.

C      Waiter brng the main course by hand, hold the edge part of plate carefully.

C      Waiter approach the table and serve the main course, from the right side, clock wise and ladies first.

C      Says : excuse me, your sirloin steak madam…., would you like anything else? If the guest says no, says: enjoy your meal.

C      Use B & B plate as under liner condiment dish for serving sauces.

G       Observe

C      Always observe the guest table.

C      Offering 2nd drink.

C      Automatically if you see glass empty remove the glass if the guest does not want.

C      Pull out chairs when the guest about to rise.

G       Chage the ashtray

C      Waiter approachthe guest, stand straight to the right guest.

C      Carry service tray with clean ashtray on it.

C      Change the dirty ashtray with the clean one.

C      After 1 cigarette butt, ashtray has to be changed.

G       Clear up the plate

C      Waiter clear up the plate, from the right side, ladies first, clock wise.

G       Soiled dishes and unnecessary items

C      Waiter carry all the soiled dishes to diswashing area.

C      Stack them as per decoy system and on the proper rack.

7)     Crumb the table

G       After the main course cleared, waiter have to crumb the table.

G       Use clean and dry dust towel to wipe the table, use soup soucer as under liner.

8)        Offering dessert, coffe or tea

G       Captain approach the table, stand straight and keep smiling with dessert.

G       Menus on hand :

G       Says : would you like try our dessert.

G       Up selling, example says : we have a very delicious tiramisu, a lot of guest like it very much. Would you like to try?

G       Says : would you like to have a cup of coffe or tea to accompany your dessert?

G       If the guest take coffe, ask for milk, says : with milk sir / madam?

G       If the guest take tea, mention our tea selection. Says : we have English breakfast tea, Darjeeling, Early grey, and jasmine tea, which one would you prefer?

G       If the guest take English breakfast tea, ask for lime or milk would you like some lime or milk?

G       Captain precheck the order, hands to waiter.

G       Waiter adjust the cutleries.

G       Waiter send captain order to food runner.

9)        Serve coffe or tea

G       Waiter serves coffe or tea, a bowl of sugar and ( Hot milk if the guest request ) while waiting for the dessert, ladies first from the rightside, clock wise.

G       Fresh brewed coffe served by cup, cup handle and spoonfacing 05.00 o’clock.

G       Tea to be served by pot.

G       A bowl of sugar ( 3 brown sugar, 3 equal, and 4 white sugar ).

10)    Serve dessert

G       Food runner brings the dessert to station.

G       Waiter serve dessert to the guest from the right side, ladies first, clock wise.

11)    Guest ask for check

G       Check with bill stand are ready on the table.

G       Approach the guest, smile, stand straight.

G       Say : how was you lunch / dinner sir, madam?

G       Captain / waiter bring the check to cashier.

G       Cashier procced.

G       Give the white page with the change or credit card if they pay by cash or credit card.

G       Make small conversation while the guest sign the bill, says : how was your lunch / dinner?

12)    Guest leave the table

G       Assist the guest by pulling out the chairs.

G       Says : thank you very much, Mr / mrs…. Hope to see you again soon.

 

 

 

           

 

 

 

 

 

 

BAB III

LANDASAN TEORI

3.1    Pengertian Restoran

usaha pelayanan makanan merupakan kegiatan yang sangat besar dan kompleks, restoran bukan hanya ditempat – tempat mewah saja, seperti di hotel atau di mall tapi juga di pinggir – pinggir jalan sudah banyak menjamur. Tidak kalah juga di dekat gedung perkantoran, sekolah / kampus dan lain sebagainya.

Menurut defini yang di kemukakan oleh marsum wa dalam bukunya berjudul Restoran Dan Segala Permasalahannya ( 2005 ; 7 ), “Restoran adalah suatu tempat atau bangunan yang di organisasikan secara komersial, yang menyelenggarakan pelayanan dengan baik kepada semua pelanggan baik berupa makan maupun minum”.

Menurut definisi Sudiarto M dalam bukunya berjudul Pengantar Industri Akomodasi Di Restoran ( 1999 ; 95 ) menyatakan, restoran berasal dari kata “Restore” yang artinya mengembalikan atau memperbaiki, yang maksudnya setelah kita bekerja dan berjalan menuju ke rumah untuk menambah kehilangan kalori kita akibat berjalan, kita isi kembali kalori dengan mampir di suatu tempat untuk makan dan minum.

3.2    Jenis – Jenis Restoran

Ada beberapa jenis restoran menurut operasionalnya yaitu antara lain :

1.         Main Dining Room

Restoran kebanggaan hotel yang menyajikan menu yang yang mewah, dan biasanya makanan yang dihidangkan makanan perancis atau internasional.

2.         Coffe Shop

Ciri utama restoran coffe shop yaitu kecepatan dalam penghidangan. Dari menu hidangannya breakfast, brunch, lunch, dinner dan supper.

 

3.         Speciality Restaurants

Yaitu restoran / outlet di hotel yang mengkhususkan pada penghidangan makanan spesifik dalam cara :

-          Pembuatan ataupun bahan dasarnya

-          Tempat asal hidangan

Contohnya : grill room, seafood restaurant, barbeque, dll.

4.         Hotel Food Restaurant

Hidangan makanan dan minuman yang dijual dan disajikan di restoran – restoran yang ada di hotel, dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tamu hotel dan pengunjung – pengunjung lainnya.

Contoh : outlet – outlet di hotel, room service, function room, dll.

5.         Room Service

Melayani kebutuhan makanan dan minuman yang langsung di pesan dari kamar tamu selama 24 jam sehari.

6.         Cafeteria / Self Service Restaurant

Menyediakan berbagai makanan dan minuman nasional dan internasional, menggunakan daftar makanan yang di pasang di dinding atau nama makanan dan minuman dari plastik yang diletakkan dihadapan makanan tersebut.

7.         Drive In Restaurant

Restoran yang menyediakan makanan dan minuman tanpa harus turun dari mobilnya, biasanya disediakan counter khusus seperti : fried chicken, MC Donald, dll.

8.            Private Club Food Service

Restoran yang menyediakan makanan dan minuman dengan menggunakan kartu keanggotaan, yaitu membayar iuran pertahun menjadi anggota club.

 

9.            Hospital Food Service

Pelayanan makanan dan minuman yang disediakan di rumah sakit.

10.        College Dormitory Food Service

Pelayanan makanan dan minuman yang disediakan di sekolah atau kampus.

11.        Industrial Food Service In Factories Or Office Building.

Menyediakan pelayanan makanan dan minuman di tempat gedung perkantoran dan pabrik.

12.        Private Catering

Menyediakan pelayanan makanan dan minuman dalam bentuk rantangan, pesta, ulang tahun, dan sebagainya.

13.        Banquet Hall Facilities

Hotel berbintang menyediakan fasilitas jamuan makanan dan minuman untuk pertemuan seminar, rapat, pernikahan, dan lain – lain.

3.3    Macam – Macam Pelayanan / Types Of Service

Menurut Sudiarto MA dalam bukunya Pengantar Industri Akomodasi & Restoran ( 1999 ; 104 ), ada beberapa macam pelayanan, yaitu :

a)     American Service

-                      Sifat pelayanannya sederhana, tidak resmi serta cepat.

-                      Makanan sudah siap saji di tata dan di atur di atas piring sejak dari dapur.

-                      Disajikan kepada tamu dari sebelah kiri.

-                      Piring kotor diangkat dari sebelah kanan.

b)     English Service

-                      Sifat pelayanannya formal atau resmi.

-                      Family service.

c)     French Service

-                      Sifat pelayanannya resmi.

-                      Peralatan dan harganya mahal.

d)     Russian Service

-                      Untuk penyajian makanan hanya diperlukan seorang waiter / ess.

-                      Makanan disiapkan sepenuhnya di dapur.

e)     Counter / Buffet Service

Restoran yang menjual dan menghidangkan makanan, dimana para tamunya melayani atau mengambil makanan dari counter / buffet yang telah disediakan.

3.4    Pengertian Menu

Menurut Marsum WA dalam bukunya Restoran Dan Segala Permasalahannya (2005;135), definisi menu yaitu :

1.      Daftar makanan yang akan dihidangkan.

2.      Sebagai makanan yang disajikan.

3.      Daftar hidangan pada saat – saat tertentu, seperti : breakfast, lunch, dinner.

Ada beberapa macam menu yang terbagi menjadi 4 ( menurut Sudiarto MA dalam bukunya Pengantar Industri Akomodasi Dan Restoran (1999;106) ), yaitu :

1.      Menu A La Carte : Tiap makanan dengan harga tersendidi dan tamu bebas memilih.

2.      Menu Table D’hote : Suatu susunan menu makanan yang lengkap dengan satu harga tertentu.

3.      Menu A Special Party : Daftar hidangan khusus di bangquet, cocktail party, dan lainnya.

4.      Menu Buffet : Hidangan secara prasmanan, di mana tamu mengambil sendiri makanan di meja prasmanan dengan bebas.

Menu memiliki 2 fungsi dasar, yaitu :

1.      Menu menetapkan kebutuhan yang harus disediakan / disiapkan untuk operasi suatu restoran.

2.      Menu merupakan alat koordinasi untuk melaksanakan tujuan manajemen / pimpinan.

Menurut susunan hidangan, terbagi menjadi 3, yaitu :

a.      Appetizer ( Makanan Pembuka ) : Merupakan suatu makanan pembuka baik berbentuk dingin atau panas. Seperti : Escargot, Dim sum, Spring rolls, Fruit juices, dan lainnya.

b.      Soup : Makanan yang disajikan dalam bentuk soup. Contohnya, squid ball soup, broccoli cream soup, asparagus cream soup.

c.      Main Course : Makanan yang disajikan sebagai makanan utama. Seperti, egg dishes, pasta and rice, seafood dishes, meat dishes, dan lainnya.

d.      Dessert : Makanan penutup hidangan setelah menikmati makanan utama. Contohnya, fruits, pudding, cakes and pastry, ice creams, dan lainnya.


Bab IV

KEGIATAN PRAKTEK KERJA

 

Penulis melakukan kegiatan kerja pada tanggal 3 juli 2008 sampai dengan 3 januari 2009 atau selama 6 bulan di Grand Café Hyatt Jakarta.

Penulis melakukan praktek kerja bertujuan untuk mengaplikasikan teori yang di dapat di bangku perkuliahan dengan langsung terjun ke dunia kerja sesungguhnya.

Selama 6 bulan penulis melakukan praktek kerja di Grand Café yang salah satu restoran atau outlet di hotel Grand Hyatt Jakarta.

                                    Grand Hyatt Jakarta memiliki 6 macam outlet, yaitu terdiri dari :

1.     Grand Café

2.     Fountain Lounge

3.     C’s Restaurant

4.     Burgundy

5.     Sea Food Terrace

6.     Lamoda

Penulis akan memfokuskan untuk membahas Grand Café Hyatt Jakarta, dikarenakan penulis melakukan praktek kerja di Grand Café Hyatt Jakarta selama 6 bulan.

4.1  Macam – Macam Menu Di Grand Café

Grand Café Hyatt Jakarta adalah restoran yang memiliki atau mempunyai konsep Mediterania Street Café yang menggabungkan pelayanan dalam bentuk Buffet dan A La Carte. Grand Café menyajikan 3 jenis hidangan utama yang berstandar internasional, antara lain :

1.      Menu Makanan Local, seperti :

a.      Opor telur

b.      Nasi goreng jawa

c.      Mie goreng jawa, dan lainnya.

2.      Menu Makanan Chinese, seperti :

a.      Nasi goreng kanton

b.      Cap cay

c.      Peking duck, dan lainnya.

3.      Menu Makanan Western, seperti :

a.      Hash brown potato

b.      Baked tomato

c.      Sautéed mix vegetables

Sedangkan menurut station buffet terbagi menjadi 6 macam, yaitu :

1.      Western & Local Station, seperti :

a.      Chicken sausage

b.      Sautéed mushroom

c.      Nasi goreng jawa

d.      Ikan asin asam, dan lainnya

2. Traditional Foods, seperti :

                                                                                    a. Egg station

                                                                                    b. Mie bakso

                                                                                    c. Chicken meatloaf

                                                                                    d. Chicken porridge, dan lainnya

                                                3. Peking Duck & Dim Sum Station, seperti :

                                                            a. Roast chinese duck

                                                            b. Chinese pan cakes

                                                            c. BBQ sauce

                                                4. Sushi Station, seperti :

                                                            - Tuna Sashimi

                                                            - Salmon Sashimi

                                                            - Snapper Sashimi, Dan Lainnya

                                                5. American / Continental Station, seperti :

                                                            - Cereal : Rice Crispes, Special K, Frosties

                                                            - Fruit : Fresh Compote, Fresh Strawberry

                                                            - Milk : Not Fat Milk, Fresh Milk

                                                            - Juices : Orange Juice, Water Melon Kuice

                                                6. Cold / Cake Station, seperti :

                                                            - Smoked Salmon

                                                            - Culcat

                                                            - Cakes, Ice Cream

4.2  Macam – Macam Condiment Pada Menu A La Carte

                                                Penulis akan menggambarkan mengenai beberapa macam condiment pada menu makanan a la carte, yaitu antara lain :

                      A. Mie Rebus

                        - Cabe Merah Kecap Asin

                        - Cabe Rawit Hijau

                      B. Wagyu Beef Rending

                        - Nasi

                        - Emping

                        - Cabe Hijau

                        - Cabe Merah

                      C. Beef Burger

                        - Chili Sauce

                        - Tomato Sauce

                      D. Nasi Goreng / Mie Goreng

                        - Cacar

                        - Sambel Cabe Merah

                        - Kerupuk Udang

                      E. Soup Buntut

                        - Emping

                        - Nasi Putih

                        - Kecap

                        - Lemon

                        - Sambel Cabe Hijau

                      F. Spaghetti Bolognese

                        - Keju Parut

                      G. Triple Decker

                        - Chili Sauce

                        - Tomato Sauce

4.3  Program Promosi Grand Café

                                                Selama penulis melakukan magang di Grand Café Hyatt Jakarta dari tanggal 3 Juli sampai dari 3 Januari 2009, grand café mengadakan program – program promosi sebagai bentuk pelayanan kepada pelanggannya, yaitu antara lain :

1.                      Sea Food Delights

Every Saturday Night from 06.00 pm – 11.00 pm

Price : Rp. 195.000 ++

                       Rp. 105.000 ++ ( children under 12 years old )

Including free flow iced tea

2.                      Brunch @ Grand Café

                             Every Sunday from 11.30 am – 03.00 pm

                             Price  : Rp. 268.000 ( free flow wines and sparkling wines )

                                         Rp. 198.000 ( free flow iced tea, softdrink & juice )

                                         Rp. 105.000 ( free flow iced tea, softdrink, juice / children )

3.                      Buka Puasa

Only Ramadhan Month ( Dinner Buffet )

Price : Rp. 195.000 ++

4.                      Idul Fitri Buffet

Celebrate Idul Fitri with grand café

Price :  Rp. 195.000 ++

                               Rp. 105.000 ++ ( children under 12 years old )

Free flow iced tea

                      5.  Mother’s Day

                            On December 20 – 21, from 11.30 am – 03.00 pm

                            Price  :  Rp. 195.000 ++ (free flow ice tea, softdrink & juice)

                                                                         Rp. 298.000 ++ (free flow wines & sparkling wines)

                                                                         Rp. 105.000 ++ (free flow ice tea, softdrink & juice/children)

5.Christmas @ Grand Café

Christmas Eve on December 24

Dinner Buffet Rp. 308.000 ++ perperson

Christmas day on December 25

Lunch & Dinner Buffet Rp. 308.000 ++ perperson

                      7.  New Year’s Eve Cuisine & Celebration

savour grand café’s most popular dishes from different food stations such as pecking duck, sushi & sashimi, fresh pasta and home made sweets will be on offer as you heading into 2009. Dinner buffet Rp. 488.000 ++ perperson

 

 

4.4  Ruang Grand Cafe

                            Grand Café restaurant mempunyai 5 section dan satu mini bar. Untuk ruangannya, grand café memiliki 225 kursi atau dapat menampung tamu sebanyak 255 pax. Setiap section ada nama kodenya seperti section A (Alpha), B (Bravo), C (Charlie), D (Delta), E (Echo) ( gambar dapat dilihat di lampiran ). Apabila ada suatu event besar atau permintaan tertentu, Grand Café dapat menambah satu section lagi yang bertujuan untuk menampung tamu sesuai jumlah permintaan yang sudah tidak bias ditempatkan pada 5 section tersebut. Letaknya berada di depan pintu masuk grand café, yang di beri nama section F (Fanta). Ada beberapa section yang diperuntukkan Smoking Area yaitu di section B (Bravo) dan E (Echo), sedangkan untuk No Smoking Area berada di section A (Alpha), C (Charlie), dan D (Delta). Biasanya setiap section di jaga 2 atau 3 orang waiter di tambah 1 captain.

Opening Hours & Price

A’ La Carte

( harga tergantung menu )   

 

06.00 am – 01.00 pm

Breakfast buffet

Price Rp. 115.000

 

06.00 am – 10.30 am

Lunch buffet

Price : Rp. 140.000

 

12.00 am – 03.00 pm

Dinner buffet

Price : Rp. 150.000

 

06.00 pm – 11.00 pm

                                                Untuk Saturday Night Buffet Rp. 195.000 ++ dengan tema Seafood Delight, yang menghadirkan hidangan bercita rasa seafood, baik Western maupun Chinese buffet termasuk ice lemon tea free flow.

 

 

                       4.5 Macam – Macam Peralatan Makanan Dan Minuman

                                                            Pada tanggal 15 Desember 2008, di Grand Café mengadakan Stock Take yaitu semua persediaan jenis macam peralatan  makanan dan minuman dikumpulkan, setelah itu di hitung keseluruhannya. Jenis – jenis peralatannya antara lain: China Ware, Silver Ware, Glass, dan Linen.

                    Stock take ini diadakan bukan hanya di Grand Café saja tetapi di seluruh outlet Grand Hyatt Jakarta, Setiap tahun diadakan stock take pada akhir tahun. Adapun jenis – jenis peralatannya di Grand Café yaitu :

                                    1. China Ware                                                                                                                     

- Plate Soup Large Han Cook (Hk)

- Plate Dinner Hk

- Plate Buffet Hk

- Plate Soup Small Hk

- Plate Dessert Hk

- Bowl Soup Hk

- Dae Jub White A4

- Bowl Mixing Pil

- Bowl Mix Pil

- Dish Nasi Goreng Beige

- Bowl Cereal Hk

- Bowl Soup Buntut Beige

- Dish Sambel Beige

- Asthray Ehite Hk

- Bowl Underliner Soup Buntut

- Bowl Chopstick

- Roaster Rect Pil

- Dish Rect

- Bowl Sugar Hk

- Pendil Pot Hk

- Sauce Boat Hk

- Plate Bub

- Ramekin Pil

- Plate Couple

- Bowl Condiment

- Ramekin Hk

- Bowl Tm

- Sapo

- Cer Rice

- Pot Tea

                                                2. Cutleries / Silver Ware

                      - Knife Steak

                      - Soup Spoon

                      - Cracker Nut Hepp

                      - Fork Table

                      - Spoon Coffe

                      - Spoon Demitas

                      - Knife Dessert

                      - Knife B & B

                      - Strainer Tea

                      - Spoon Dessert

                      - Fork Dessert

                      - Knife Table

                      - Serve Cake

                      - Tong Pastry

                      - Ladle Sauce

                      - Ladle Soup Large

                      - Ladle Soup Mid

                      - Cake Server Cor Bern

                      - Spoon Seru

                      - Ladle Soup Cor Bern

                      - Ladle Sauce Cor Bern

                      - Tong Cake

                      - Salad Tong

                      - Coffe Pot

                      - Stand Wine Cool

                      - Jug Water

                      - Spoon Service

                      - Spoon Service Large

                      - Spoon Table

                      - Tray Rect

                      - Tray Combo

3. Glass Ware

                      - Cocktail Glass

                      - White Wine Glass

                      - Red Wine Glass

                      - Champagne Glass

                      - Water Goblet

                      - Beer Glass

                      - Tumbler Glass

                      - Long Glass

                      - Old Fashioned Glass

                      - Punch Glass

                      - High Ball Glass

                      - Pilsner Glass

4. Linen

                      - Napkin

                      - Glass Towel

4.6  Tugas And Jobdescription Training

                                                Ada beberapa tugas trainee sebagai seorang waiter, yaitu antara lain di bagian :

a.      Section

-          Set up table

-          Taking order

-          Clear up table

-          Preparing the station

-          Make coffe or tea, for order to serve the guest

-          Preparing tea and coffe cup also milk or cream

b.     Food & Buffet Runner

-          Preparing cutleries buffet

-          Preparing name tag buffet

-          Preparing underliner buffet

-          Polishing cutleries & china ware, glass ware.

-          Bring the foods from kitchen to the guest to put on the table

-          Before buffet closing, clear up and preparing set up buffet

c.      Linen

-          Send and take linen from linen room or laundry

-          Making report on the form (how many send and take linen)

-          Make napkin for on the table and bread place.


BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

 

                                       Pada bab ini penulis menyampaikan kesimpulan dan saran dari hasil training di Grand Café Hyatt Jakarta selama 6 bulan, di mulai sejak 3 Juli 2008 sampai dari 3 Januari 2009. Grand Hyatt Jakarta beralamat di jalan M.H. Thamrin Kav. 28 – 30 Jakarta Indonesia.

5.1                   Kesimpulan

Hotel Grand Hyatt Jakarta merupakan salah satu jenis akomodasi penginapan yang berbentuk hotel bintang 5 Diamond. Dengan di dukung fasilitas – fasilitas yang ada, hotel Grand Hyatt sudah diakui di seluruh dunia.

Penulis akan mengemukakan beberapa kesimpulan setelah melakukan training selama 6 bulan ini di Grand Café Hyatt Jakarta, yaitu antara lain :

1.        Hotel Grand Hyatt Jakarta memiliki 428 kamar operasional dengan dilengkapi TV, telephone, fax, newspaper, hairdryer and shaving, and etc.

2.        Hotel Grand Hyatt Jakarta memiliki fasilitas – fasilitas tambahan seperti: grand club, meeting facilities, restaurants & bar, recreational facilities, etc.

3.        Grand Café merupakan satu – satunya restaurant yang paling luas di antara tempat restoran – restoran di grand hyatt Jakarta. Grand Café menghadirkan 2 macam hidangan, yaitu buffet dan a la carte. Makanannya yang terdiri dari Western, Chinese, Dan Lokal.

4.        Untuk training, Grand Café sangat cocok dijadikan dasar pembelajaran sebagai seorang waiter/ess. Karena sudah mencakup keseluruhan, dari mulai cara mengenal peralatan, service ke tamu, set up table, polishing and preparing buffet, dan lainnya.

5.        Penulis dapat menerapkan teori pelajaran yang di dapat di bangku kuliah, dengan mempraktekkan langsung ke dunia kerja.

5.2                        Saran

Penulis ingin memberikan saran dari hasil training selama 6 bulan ini di Grand Café Hyatt Jakarta. Adapun saran – saran yang diberikan sebagai masukkan untuk meningkatkan hasil training yang lebih baik kedepannya, yaitu antara lain:

1. Ada baiknya mentor mengadakan evaluasi tiap bulannya kepada trainee.

2. Diberikan hak yang sama pada semua trainee di masing – masing outlet, untuk belajar di section atau buffet runner dengan pembagian waktu yang adil.

3. Sebaiknya pihak HRD (divisi training) lebih sering mengontrol dan evaluasi di lapangan kepada trainee.

4. Saling mengingatkan dan membantu apabila staff atau trainee yang sedang kesulitan atau belum selesai pekerjaannya.

5. Bersikap profesional dalam bekerja, baik untuk staff atau trainee.


Curriculum Vitae

 

 Personal Details

 Name                                     :  M. Yusuf Arifin

Home Address                     :  Jl. Kemajuan 2 No. 58G Rt. 003 Rw. 04 Petukangan Selatan Jakarta Selatan

E-mail Address                    : my_arifin007@yahoo.com

Mobile Phone                      : 021 -  7122.6901

                                              : 08999.744.275

Place/Date of Birth              : Jakarta,  April 12nd 1983

Sex                                         : Male

Nationality                             : Indonesian

Status                                     : Single

Religion                                 : Moslem

 Education Background

-    2008  -  Now       :  D1 Degree of Tourism in Wisakti Institute, Jakarta

-    2001 – 2006       :  S1 University of Budi Luhur Faculty of Economic ( Marketing Management ), Jakarta

-    1998    2001     :  SMK Bina Kusuma ( Business Management ), Jakarta

-    1995    1998     :  SMP Negeri 31 Jakarta

-    1990    1995     :  SD Negeri 01 Petukangan, Jakarta

 Skills

-          English and Indonesia (Active)

-          Operating Computer : Microsoft Office

 Working Experience

April 2006  – Juni 2006                          : Marketing at Lembaga Pendidikan Indonesia-Amerika (LPIA)

Juni 2006    -  July 2007                        : Call Center at Hutchison Telecom “3”

Agustus 2007  -  September 2007         : Desk Collection at HSBC

September 2007  -  November 2007     : SMS Monitoring at Indosat

Desember 2007 –  Februari 2008         : Telemarketing at Indovision

Juli 2008  -  Januari 2009                       : Training on the Job at Grand Hyatt Jakarta

 

Note : If you want to download this paper, please klik : www.myarifin.blogspot.com 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 komentar:

you can comments anything, but dont write pornographic, public victimization, violence, bad provocateur